Pengikut

Jumat, 18 Agustus 2017

RPP Tematik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan                : Sekolah Dasar
Kelas/Semester                      : 1/1
Tema/Sub Tema                    : Diriku / Aku dan Teman Baru
Pembelajaran Ke                  : 3

A.  Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya disekolah dan rumah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
B.  Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah


Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
PPKn
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

C.  Indikator

Bahasa Indonesia
3.3.1 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3.1 Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru

Matematika
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret
4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)

PPKn
3.2.5 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.5 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat masuk rumah

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
2.      Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman sesuai orangnya dengan tepat.
3.      Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
4.      Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
5.      Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10.

E.   Materi Ajar
1.      Mengenal huruf
2.      Mengenal bilangan 1-10
3.      Mengetahui hal-hal yang harus dilakukan di rumah


F.   Alokasi Waktu
6x35 menit

G.  Pendekatan dan Metode
Saintifik
Observasi, Diskusi, Tanya Jawab

H.  Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      siswa memulai kegiatan dengan berdoa
2.      Guru mengecek kehadirran siswa
3.      Bertanya jawab dalam menyiapkan kondisi siswa dalam menerima pelajaran
4.      Apersepsi
6x35 menit
Kegiatan Inti

5.      Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.
6.      Agar dapat mengenal huruf dengan baik, guru menulis huruf a-z pada papan tulis
7.      siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada papan tulis. (lihat buku siswa halaman 12)
8.      guru melakukan tanya jawab menggunakan kartu huruf yang telah dibuat
9.      guru mengajak siswa untuk bermain tebak huruf
10.  siswa diminta untuk melengkapi huruf yang masih kosong pada nama yang rumpang di papan tulis
11.  Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.
12.  Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa halaman 15.
13.  Siswa diminta bersama-sama menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
14.  Guru juga bisa menyediakan berbagai benda yang ada di kelas lalu meminta siswa secara bergiliran membilang banyaknya benda tersebut.
15.  Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.

Kegiatan Penutup

16.  Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai kegiatan hari ini. Siswa menceritakan perasaan dan kesulitannya saat bermain kartu huruf dan kelompok banyaknya benda.
17.  Sebelum pulang, guru melontarkan pertanyaan yang memantik pemikiran siswa.
“Tadi pagi saat hendak ke sekolah, kalian memberi salam dan berpamitan dengan orang tua. Ketika nanti pulang, apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum masuk ke dalam rumah?” “Mengapa hal itu harus dilakukan?”
18.  Jawaban siswa akan beragam, namun guru menyimpulkan dan menekankan kepada siswa pentingnya memberi salam terlebih dulu saat hendak masuk rumah.
19.  Berdoa
20.  Salam



I.     Penilaian
1.      Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2.      Penilaian pengetahuan
- Tes tertulis
(selain latihan di buku siswa halaman 14, guru bisa mengembangkan jenis pertanyaan lain untuk tes tertulis yang akan diberikan)
3.      Penilaian keterampilan
a.       Penilaian Unjuk kerja: Mengenal konsep bilangan 1-10

No
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
Mengurutkan bilangan 1-10
Mengghitung banyaknya benda sesuai bilangan 1-10
Aktif mengikuti permainan bilangan
1





2





3





4





5









b.      Penilaian Unjuk kerja: Mengenal huruf lewat permainan

Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu pendampingan
1
Keampuan mengenal huruf

Siswa mampu memenuhi 4 kriteria: bernyanyi a-z secara berurutan, mengenali huruf vokal a-i-u-e-o yang hilang, menyebutkan huruf vokal yang hilang dengan suara yang terdengar, serta aktif mengikuti permainan

Siswa mampu memenuhi 3 kriteria dalam permainan huruf

Siswa mampu memenuhi 2 komponen dalam permainan huruf

Siswa mampu memenuhi 1 komponen dalam permainan huruf
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang

Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang

Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan


c.    Sumber  dan Alat Bantu Pembelajaran
1.    Sumber :
a.       Yusfina Hendrifiana, dkk, 2016. Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 1 Tema 1 Diriku. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

b.    Yusfina Hendrifiana, dkk, 2016. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas 1 Tema 1 Diriku. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

2.    Alat Bantu Pembelajaran :
a.              Spiker aktif
b.             Kartu huruf

                                                                                    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar