Pengikut

Jumat, 24 Juni 2016

RPP KTSP Kelas IV smst 1 (SK 1, KD 1.1)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : IlmuPengetahuanSosial
Kelas/Semester            : IV/ 1
AlokasiWaktu             : 2 x 30 menit
Pertemuan                   : 1 Kali pertemuan

I.          A. Standar Kompetensi:
1.      Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
B.KompetensiDasar:
1.1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
C. Indikator:
1.      Mampu menjelaskan pengertian peta beserta unsur-unsur peta.
2.      Mampu menyebutkan unsur-unsur peta.
D. Tujuan Pembelajaran:
1.         Dengan menyimak penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan pengertian peta.
2.         Dengan metode talking stik siswa dapat menunjukan unsur-unsur peta.


II.       Uraian Materi:
Terlampir
III.     Metode pembelajaran :
Demonstrasi, ceramah dan talking stik



IV.   Kegiatan Belajar Mengajar
A.    Kegiatan  Pendahuluan
1.         Salam.
2.         Absensi kehadiran murid.
3.         Apersepsi: Guru memberikan apersepsi singkat tentang materi yang sudah dipelajari waktu di kelas 3, yaitu materi tentang denah, dan guru mengaitkannya dengan materi yang akan sekarang dipelajari, yaitu materi tentang peta.
4.         Murid dan guru bersama-sama menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke”.
5.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.    KegiatanInti
       Eksplorasi
1.        Guru menanyakan apakah murid pernah melihat peta.
2.        Guru menanyakan kepada murid, apa yang mereka ketahui tentang peta.

Elaborasi
1.      Guru memberikan penjelasan mengenai materi peta.
2.      Guru menjelaskan tentang unsur-unsur peta
3.      Guru mengambil stik dan speaker.
4.      Guru menjelaskan aturan permainan yang akan dilakukan kepada siswa
5.      Siswa menjalankan stik secara, ketika lagu berhenti bagi siswa yang mendapatkan stik tersebut harus maju ke depan kelas untuk menunjukan unsur peta yang di tentukan oleh guru. (Ekslporasi)
6.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk membantu temannya menjawab pertanyaan apabila siswa yang didepan tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan
7.      Guru memberikan soal tentang peta dan unsur-unsur peta.
8.      Setelah selesai murid mengumpulkan jawaban

Konfirmasi
1.    Guru memberi umpan balik dengan memberi penguatan dengan memberi tepuk tangan kepada muridnya karena sudah berani kedepan kelas, serta menanyakan kembali  kepada muridnya apakah ada di antara mereka yang masih belum mengerti dengan materi yang diajarkan.

C. Kegiatan penutup
1.        Murid dengan bimbingan dari guru memberikan kesimpulan dari apa yang telah dipelajari.
2.        Doa
3.        Salam

V.      Sumber, Alat, Bahan
1.    Sumber :
Tantya Hisnu P., Winardi. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/ MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008.
2.    Alat dan Bahan
1.    Buku paket
2.    Peta
3.    Stik
VI.   Penilaian/ Evaluasi:
Prosedur       : Post tes
Jenis tes        : Tertulis
Bentuktes     : Essay



A.    Penilaian Proses
No.
Nama Murid
Aspek yang dinilai
Jlh
Memahami pengertian peta
Memahami unsur pada peta
Keberanian
Skor rata-rata
1






2






Dst.






Keterangan:
80% - 100%    = Baik Sekali
70% - 79%      = Baik
60% - 69%      = Cukup
<60%              = Kurang

B.     Penilaian Hasil
A.       Isilah pertanyaan di bawah ini!
1.    Tuliskan pengertian peta!
2.    Apa yang perlu kita ketahui sebelum membaca peta?
3.    Tuliskan 3 unsur pada peta!
4.    Apa perbedaan denah dengan peta?
5.    Tuliskan 5 pulau terbesar di Indonesia!

B.       Kunci jawaban& Skor
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
Peta atau map adalah gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan ke suatu bidang datardengan perbandingan atau skala tertentu.
3
2.
Mengetahui unsur-unsur peta
1
3.
Judul peta, garis tepi, legenda, skala, penunjuk arah, garis astronomis (pilih 3).
3
4.
Perbedaan antara denah dan peta terletak pada luas wilayahyang ditunjukkan. Wilayah yang ditunjukkan oleh denah sangat terba-
tas. Sedangkan wilayah yang ditunjukkan peta sangat luas.
2
5.
Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.
1
Jumlah: 10

Nilai = (skor yang diperoleh : Skor total) x 100
NilaiAkhirMaksimal    : 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar