RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
IlmuPengetahuanSosial
Kelas/Semester :
IV/ 1
AlokasiWaktu : 2 x 30 menit
Pertemuan :
1 Kali pertemuan
I.
A. Standar
Kompetensi:
1.
Memahami sejarah,
kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
B.KompetensiDasar:
1.1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
C. Indikator:
1. Mampu menjelaskan
pengertian peta beserta unsur-unsur peta.
2. Mampu menyebutkan unsur-unsur peta.
D. Tujuan
Pembelajaran:
1.
Dengan menyimak penjelasan dari
guru, siswa dapat menjelaskan pengertian peta.
2.
Dengan metode talking stik siswa
dapat menunjukan unsur-unsur peta.
II.
Uraian Materi:
Terlampir
III.
Metode pembelajaran :
Demonstrasi, ceramah dan talking stik
IV.
Kegiatan Belajar Mengajar
A. Kegiatan Pendahuluan
1.
Salam.
2.
Absensi kehadiran murid.
3.
Apersepsi: Guru memberikan apersepsi singkat tentang
materi yang sudah dipelajari waktu di kelas 3, yaitu materi tentang denah, dan
guru mengaitkannya dengan materi yang akan sekarang dipelajari, yaitu materi
tentang peta.
4.
Murid
dan guru bersama-sama menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke”.
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. KegiatanInti
Eksplorasi
1.
Guru menanyakan
apakah murid pernah melihat peta.
2.
Guru menanyakan
kepada murid, apa yang mereka ketahui tentang peta.
Elaborasi
1.
Guru memberikan
penjelasan mengenai materi peta.
2.
Guru menjelaskan
tentang unsur-unsur peta
3.
Guru
mengambil stik dan speaker.
4.
Guru menjelaskan aturan permainan yang akan dilakukan kepada siswa
5.
Siswa menjalankan stik secara,
ketika lagu berhenti bagi siswa yang mendapatkan stik tersebut harus maju ke depan kelas untuk
menunjukan unsur peta yang di tentukan oleh guru. (Ekslporasi)
6.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk membantu temannya menjawab
pertanyaan apabila siswa yang didepan tidak dapat
menjawab pertanyaan yang diberikan
7.
Guru memberikan
soal tentang peta dan unsur-unsur peta.
8.
Setelah selesai
murid mengumpulkan jawaban
Konfirmasi
1. Guru memberi umpan balik dengan memberi penguatan dengan memberi tepuk tangan kepada muridnya karena sudah berani kedepan kelas, serta
menanyakan kembali kepada muridnya
apakah ada di antara mereka yang masih belum mengerti dengan materi yang
diajarkan.
C. Kegiatan
penutup
1.
Murid dengan bimbingan dari guru memberikan kesimpulan dari apa yang telah dipelajari.
2.
Doa
3.
Salam
V.
Sumber, Alat, Bahan
1.
Sumber :
Tantya
Hisnu P., Winardi. Ilmu Pengetahuan
Sosial untuk SD/ MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008.
2. Alat dan Bahan
1. Buku paket
2. Peta
3. Stik
VI. Penilaian/ Evaluasi:
Prosedur : Post tes
Jenis tes : Tertulis
Bentuktes : Essay
A.
Penilaian Proses
No.
|
Nama Murid
|
Aspek yang dinilai
|
Jlh
|
|||
Memahami pengertian peta
|
Memahami unsur pada peta
|
Keberanian
|
Skor rata-rata
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
80% - 100% = Baik Sekali
70% - 79% = Baik
60% - 69% = Cukup
<60% = Kurang
B.
Penilaian Hasil
A.
Isilah pertanyaan
di bawah ini!
1.
Tuliskan pengertian
peta!
2.
Apa yang perlu kita
ketahui sebelum membaca peta?
3.
Tuliskan 3 unsur
pada peta!
4.
Apa perbedaan denah
dengan peta?
5.
Tuliskan 5 pulau
terbesar di Indonesia!
B. Kunci jawaban& Skor
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Peta atau map
adalah gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan ke
suatu bidang datardengan perbandingan atau skala tertentu.
|
3
|
2.
|
Mengetahui unsur-unsur peta
|
1
|
3.
|
Judul peta, garis tepi, legenda, skala, penunjuk arah, garis astronomis
(pilih 3).
|
3
|
4.
|
Perbedaan antara denah dan peta terletak pada luas wilayahyang
ditunjukkan. Wilayah yang ditunjukkan oleh denah sangat terba-
tas. Sedangkan wilayah yang ditunjukkan peta sangat luas.
|
2
|
5.
|
Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.
|
1
|
Jumlah:
10
Nilai = (skor yang diperoleh : Skor total) x 100
NilaiAkhirMaksimal :
100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar