RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : V/1
Tema/Sub Tema : Sehat itu Penting / Pola
Hidup Sehat
Pembelajaran Ke : 4
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
PPKN
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab disiplin berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi
maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan RI dalam semangat perjuangan, cinta
tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2 Memahami hak kewajiban
dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan
menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan
segala perubahannya.
2.3 Menunjukkan perilaku
peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan
permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman
tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem
koordinat.
4.8 Menggambar denah
sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai
lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada
bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1 Memiliki kepedulian dan
terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.1 Menggali informasi dari
teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
C. Indikator
PPKN
1.1.1
Menunjukan rasa syukur atas kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama
2.1.1
Menjaga nilai persatuan dalam kegiatan bekerja sama
3.2.1
Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan
kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2Berperilaku sesuai
dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
IPS
1.1.1 Menunjukan rasa syukur
kepada tuhan karena telah menciptakan waktu dengan segala perubahanya
2.3.1
Menunjukan perilaku gotongroyong dan tanggungjawab
3.3.1
Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan
alam.
4.3.1 Menyusun sebuah laporan
tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan
kondisi geografis di lingkungannya.
Matematika
1.1.1 Menunjukan perilaku menerima dan menghargai setiap ajaran
agama yang diakui
2.2.1 Menunjukan sikap berfikir logis, kritis dan kreatif
3.5.1
Mengidentifikasikan letak benda pada sistem koordinat.
4.8.1
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat.
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menunjukan rasa
syukur kepada tuhan atas diakuinya Bahasa Indonesia sebagai sarana yang lebih unggul daripada
bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1.1
Menunjukan kepedulian terhadap Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
3.1.1
Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
4.1.1
Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menjawab
pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara hidup selaras dengan
lingkungan alam dengan percaya diri.
2. Dengan menandai
pernyataan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku selaras dan tidak selaras
dengan lingkungan alam dengan teliti.
3. Dengan mengamati
gambar tentang aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi contoh aktivitas
manusia yang selaras dengan lingkungan alam dengan cermat.
4. Dengan bercerita
tentang keadaan lingkungan sekolahnya, siswa dapat menulis keadaan lingkungan sekolahnya
dengan mandiri.
5. Dengan latihan
membuat bangun ruang, siswa dapat menggambar bangun ruang pada bidang koordinat
dengan tepat dengan teliti.
6. Dengan membaca bacaan
tentang hidup selaras dengan alam dapat mencegah bencana, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam sehingga
dapat terhindar dari bencana dengan cermat.
7.
Dengan
menulis kesimpulan bacaan siswa dapat menulis kesimpulan dari bacaan dengan
cermat dan komunikatif.
E.
Materi
Ajar
1.
Aktivitas
manusia yang selaras dengan alam
2.
Bercerita
tentang keadaan lingkungan sekolah
3.
Membuat
bangun ruang pada bidang koordinat
4.
Menyimpulkan
isi bacaan
F.
Alokasi
Waktu
6x35
menit
G. Pendekatan dan Metode
Saintifik
Observasi,
Diskusi, Tanya Jawab
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik memulai kegiatan dengan berdoa
2.
Guru
mengabsen peserta didik
3.
Bertanya
jawab dalam menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran
4.
Apersepsi
|
6x35
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran :
1.
Guru meminta siswa untuk mengungkapkan
pendapatnya secara percaya diri.
a. Bagaimana
cara hidup selaras dengan alam?
b. Apakah
hidup yang selaras dengan alam berpengaruh pada kesehatan manusia?
c. Siswa
menunjukkan perilaku-perilaku manusia selaras dengan lingkungan alam.
d. Agar
lebih menarik, siswa diminta untuk mewarnai kolom yang menunjukkan perilaku
manusia selaras dengan alam.
Kegiatan
Mengamati :
1. Guru
menunjukkan sebuah gambar tentang salah satu aktivitas manusia, kemudian
siswa mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk
mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang nampak pada gambar.
2. Biarkan
imajinasi dan analisis siswa berkembang secara mandiri.
3. Guru
menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada
jawaban yang aneh.
Kegiatan
Bercerita :
1. Siswa
keluar kelas dan melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekolah.
2. Setelah
itu, siswa menceritakan keadaan lingkungan sekolah secara tertulis.
3. Guru
membangun suasana belajar yang meyenangkan dan penuh keakraban, sehingga
siswa dapat menceritakan keadaan sekolahnya dengan percaya diri dan
komunikatif.
Kegiatan
Menulis :
1. Siswa
menuliskan kewajiban-kewajibannya terhadap lingkungan sekolah dan
kewajibannya terhadap Tuhan.
2. Agar
lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelar, seperti di
halaman atau taman sekolah.
3. Masing-masing
siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya.
4. Guru
memberikan kesempatan teman siswa yang lain memberikan tanggapan.
5. Guru
menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
Kegiatan
Berlatih :
1. Siswa
mengerjakan soal latihan secara mandiri.
2. Guru
berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
3. Gunakan
rubrik membuat bangun ruang pada bidang koordinat untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
Kegiatan
Membaca :
1. Siswa
membaca teks yang berjudul “Hidup Selaras dengan Alam Untuk Cegah Bencana
Alam”.
2. Masing-masing
siswa membaca hening/dalam hati secara seksama.
3. Guru
membangun suasana yang penuh ketenangan untuk membantu proses pemahaman siswa
terhadap isi bacaan.
Kegiatan
Menyimpulkan :
1. Selesai
membaca siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
2. Proses
membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide atau gagasan pokok di
tiap-tiap paragraf.
3. Setelah
semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa
siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya.
4. Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.
5. Secara
mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan
pengalamannya yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
6. Guru
mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui
sejauh mana tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku selaras dengan
lingkungan, khususnya sekolah. (evaluasi)
7. Siswa
menceritakan pengalamanya berkaitan dengan pengaruh lingkungan terhadap
proses belajar (bercerita)
|
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Peserta
didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini
a. kegiatan apa yang paling
kalian sukai pada hari ini?
b.
kesulitan apa yang kalian temui?
c.
hal-hal apa saja yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
2. Guru mengajak siswa untuk
berdoa bersama-sama
|
|
I.
Penilaian
1.
Daftar
Periksa Matematika
No
|
Nama
|
Melakukan seluruh prosedur
|
Jawaban lengkap sesuai butir
pertanyaan
|
Isi jawaban sesuai pertanyaan
|
sikap
|
||||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
1
|
Cindy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Hasti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kasih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Alya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Suci
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Melakukan
seluruh prosedur
Baik
sekali / BS : Seluruh langkah
pengerjaan dilakukan
Baik
/ B : 75% langkah pengerjaan dilakukan
Cukup / C : 50% langkah pengerjaan dilakukan
Perlu bimbingan / PB : Dikerjakan tanpa
memperhatikan prosedur pengerjaan.
b.
Jawaban
lengkap sesuai butir pertanyaan
Baik
sekali / BS : Seluruh butir
pertanyaan diisi
Baik
/ B : 75% pertanyaan diisi
Cukup
/ C : 50% pertanyaan diisi
Perlu
bimbingan / PB :sama sekali tidak di isi
c.
Isi
jawaban sesuai pertanyaan
Baik
sekali / BS : Seluruh jawaban
benar sesuai pertanyaan
Baik
/ B : 75% jawaban benar sesuai pertanyaan
Cukup
/ C : 50% jawaban benar sesuai pertanyaan
Perlu bimbingan / PB : Jawaban sama
sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
d.
Sikap
Baik
sekali / BS : Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu.
Baik
/ B : Percaya diri, sesekali
meminta bantuan guru, rasa ingin tahu.
Cukup
/ C : Tidak percaya diri,
mengandalkan bimbingan guru.
Perlu
bimbingan / PB : Menyontek.
2.
Daftar
Periksa Bahasa Indonesia
No
|
Nama
|
Isi dan pengetahuan
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
|
Sikap
|
Keterampilan penulisan
|
||||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
1
|
Desy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Wulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Reza
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Isi
dan pengetahuan
Baik sekali / BS : Keseluruhan
kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat
yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Baik / B : Keseluruhan
kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat
yang berguna bagi pembaca.
Cukup / C : Sebagian besar
kesimpulan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang
berguna bagi pembaca.
Perlu bimbingan / PB : Hanya sebagian
kecil kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi
pembaca.
b.
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Baik sekali / BS : Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam
keseluruhan penulisan.
Baik / B : Bahasa Indonesia
yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
Cukup / C : Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
Perlu bimbingan / PB : Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.
c.
Sikap
Baik sekali / BS : Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan,
disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang
sangat baik dan terpuji.
Baik / B : Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
Cukup / C : Kecermatan, ketelitian bekerja,
dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas
sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
Perlu bimbingan /PB : Kecermatan,
ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki.
d.
Keterampilan
Penulisan
Baik sekali / BS : Keseluruhan
hasil penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan
penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.
Baik / B : Keseluruhan hasil
penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik.
Cukup / C : Sebagian besar hasil
penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan
penulisan yang terus berkembang.
Perlu bimbingan / PB : Hanya sebagian
kecil hasil penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.
Catatan :
Centang pada bagian yang memenuhi kriteria
J.
Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran
1.
Sumber
:
a.
Subekti
Ari, dkk, 2013. Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI
Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. Jakarta
b.
Subekti
Ari, dkk, 2013. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI
Kelas V Tema V Sehat Itu Penting.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. Jakarta
2.
Alat
Bantu Pembelajaran :
a.
Buku
kotak kecil
b.
Stik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar