Pengikut

Minggu, 12 Juni 2016

RPP Matematika k-13, Kelas V Tema 4 Sub Tema 2 Pembelajaran 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                : SD
Kelas/Semester                      : V/1
Tema/Sub Tema                    : Sehat itu Penting / Pola Hidup Sehat
Pembelajaran Ke                  : 4

A.  Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
B.  Kompetensi Dasar

PPKN
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab disiplin berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.


IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia

Matematika
    1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.

Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui  sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1 Memiliki kepedulian dan terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.  Indikator

PPKN
1.1.1 Menunjukan rasa syukur atas kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama
2.1.1 Menjaga nilai persatuan dalam kegiatan bekerja sama
3.2.1 Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.2Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

IPS
1.1.1 Menunjukan rasa syukur kepada tuhan karena telah menciptakan waktu dengan segala perubahanya
2.3.1 Menunjukan perilaku gotongroyong dan tanggungjawab
3.3.1 Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
4.3.1 Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

Matematika
1.1.1 Menunjukan perilaku menerima dan menghargai setiap ajaran agama yang diakui
2.2.1 Menunjukan sikap berfikir logis, kritis dan kreatif
3.5.1 Mengidentifikasikan letak benda pada sistem koordinat.
4.8.1 Menggambar bangun datar pada bidang koordinat.


Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukan rasa syukur kepada tuhan atas diakuinya Bahasa Indonesia  sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1.1 Menunjukan kepedulian terhadap Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
3.1.1 Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
4.1.1 Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara hidup selaras dengan lingkungan alam dengan percaya diri.
2.    Dengan menandai pernyataan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam dengan teliti.
3.    Dengan mengamati gambar tentang aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi contoh aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan alam dengan cermat.
4.    Dengan bercerita tentang keadaan lingkungan sekolahnya, siswa dapat menulis keadaan lingkungan sekolahnya dengan mandiri.
5.    Dengan latihan membuat bangun ruang, siswa dapat menggambar bangun ruang pada bidang koordinat dengan tepat dengan teliti.
6.    Dengan membaca bacaan tentang hidup selaras dengan alam dapat mencegah bencana, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam sehingga dapat terhindar dari bencana dengan cermat.
7.    Dengan menulis kesimpulan bacaan siswa dapat menulis kesimpulan dari bacaan dengan cermat dan komunikatif.

E.   Materi Ajar
1.      Aktivitas manusia yang selaras dengan alam
2.      Bercerita tentang keadaan lingkungan sekolah
3.      Membuat bangun ruang pada bidang koordinat
4.      Menyimpulkan isi bacaan

F.   Alokasi Waktu
6x35 menit

G.  Pendekatan dan Metode
Saintifik
Observasi, Diskusi, Tanya Jawab

H.  Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa
2.      Guru mengabsen peserta didik
3.      Bertanya jawab dalam menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran
4.      Apersepsi
6x35 menit
Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran :
1.      Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
a.       Bagaimana cara hidup selaras dengan alam?
b.      Apakah hidup yang selaras dengan alam berpengaruh pada kesehatan manusia?
c.       Siswa menunjukkan perilaku-perilaku manusia selaras dengan lingkungan alam.
d.      Agar lebih menarik, siswa diminta untuk mewarnai kolom yang menunjukkan perilaku manusia selaras dengan alam.

Kegiatan Mengamati :
1.      Guru menunjukkan sebuah gambar tentang salah satu aktivitas manusia, kemudian siswa mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang nampak pada gambar.
2.      Biarkan imajinasi dan analisis siswa berkembang secara mandiri.
3.      Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.

Kegiatan Bercerita :
1.      Siswa keluar kelas dan melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekolah.
2.      Setelah itu, siswa menceritakan keadaan lingkungan sekolah secara tertulis.
3.      Guru membangun suasana belajar yang meyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menceritakan keadaan sekolahnya dengan percaya diri dan komunikatif.

Kegiatan Menulis :
1.      Siswa menuliskan kewajiban-kewajibannya terhadap lingkungan sekolah dan kewajibannya terhadap Tuhan.
2.      Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelar, seperti di halaman atau taman sekolah.
3.      Masing-masing siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya.
4.      Guru memberikan kesempatan teman siswa yang lain memberikan tanggapan.
5.      Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.

Kegiatan Berlatih :
1.      Siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri.
2.      Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
3.      Gunakan rubrik membuat bangun ruang pada bidang koordinat untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.

Kegiatan Membaca :
1.      Siswa membaca teks yang berjudul “Hidup Selaras dengan Alam Untuk Cegah Bencana Alam”.
2.      Masing-masing siswa membaca hening/dalam hati secara seksama.
3.      Guru membangun suasana yang penuh ketenangan untuk membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.

Kegiatan Menyimpulkan :
1.      Selesai membaca siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
2.      Proses membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf.
3.      Setelah semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya.
4.      Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.

5.      Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalamannya yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
6.      Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku selaras dengan lingkungan, khususnya sekolah. (evaluasi)
7.      Siswa menceritakan pengalamanya berkaitan dengan pengaruh lingkungan terhadap proses belajar (bercerita)

Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari ini
a. kegiatan apa yang paling kalian sukai pada hari ini?
b. kesulitan apa yang kalian temui?
c. hal-hal apa saja yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
2. Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama



I.     Penilaian
1.      Daftar Periksa Matematika

No
Nama
Melakukan seluruh prosedur
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Isi jawaban sesuai pertanyaan
sikap
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1
Cindy
















2
Hasti
















3
Kasih
















4
Alya
















5
Suci

















Keterangan :

a.       Melakukan seluruh prosedur
Baik sekali / BS           : Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
Baik / B                       : 75% langkah pengerjaan dilakukan
Cukup / C                   : 50% langkah pengerjaan dilakukan
Perlu bimbingan / PB  : Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.
b.      Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Baik sekali / BS           : Seluruh butir pertanyaan diisi
Baik / B                       : 75% pertanyaan diisi
Cukup / C                    : 50% pertanyaan diisi
Perlu bimbingan / PB  :sama sekali tidak di isi

c.       Isi jawaban sesuai pertanyaan
Baik sekali / BS           : Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
Baik / B                       : 75% jawaban benar sesuai pertanyaan
Cukup / C                    : 50% jawaban benar sesuai pertanyaan
Perlu bimbingan / PB  : Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
d.      Sikap
Baik sekali / BS           : Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu.
Baik / B                       : Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu.
Cukup / C                    : Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru.
Perlu bimbingan / PB  : Menyontek.

2.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia

No
Nama
Isi dan pengetahuan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Sikap
Keterampilan penulisan
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1
Desy
















2
Tika
















3
Wulan
















4
Reza
















5
Putri

















Keterangan :

a.       Isi dan pengetahuan
Baik sekali / BS           : Keseluruhan kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Baik / B                       : Keseluruhan kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Cukup / C                    : Sebagian besar kesimpulan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.
Perlu bimbingan / PB  : Hanya sebagian kecil kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat  memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

b.      Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Baik sekali / BS           : Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
Baik / B                       : Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
Cukup / C                    : Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.
Perlu bimbingan / PB  : Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

c.       Sikap
Baik sekali / BS           : Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
Baik / B                       : Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik.
Cukup / C                    : Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
Perlu bimbingan /PB   : Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki.  

d.      Keterampilan Penulisan
Baik sekali / BS           : Keseluruhan hasil penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.
Baik / B                       : Keseluruhan hasil penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.
Cukup / C                    : Sebagian besar hasil penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.
Perlu bimbingan / PB  : Hanya sebagian kecil hasil penulisan kesimpulan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.

Catatan : Centang pada bagian yang memenuhi kriteria


J.     Sumber  dan Alat Bantu Pembelajaran
1.    Sumber :
a.         Subekti Ari, dkk, 2013. Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI  
           Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
           Republik Indonesia. Jakarta
b.        Subekti Ari, dkk, 2013. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI
           Kelas V Tema V Sehat Itu Penting. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
           Republik Indonesia. Jakarta
2.    Alat Bantu Pembelajaran :
a.              Buku kotak kecil
b.             Stik



                                                                        




Tidak ada komentar:

Posting Komentar